Jumat, 19 Agustus 2011

Ribuan Orang Bakal Sesaki Pantai Manggar


Warga Balikpapan boleh bangga punya sejumlah objek wisata andalan dan terbaik di Kaltim.  Pasalnya, saat libur lebaran Idul Fitri mendatang, Pantai Wisata Manggar Segara Sari diperkirakan bakal ribuan pengunjung, dari Balikpapan dan kota lain di Kaltim.
Menurut Kasi Data dan Pengawasan, Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar), Eddy Muntja, selama libur Idul Fitri mendatang diprediksi pengunjung akan tembus di kisaran 50 ribu hingga 100 ribu orang, yang akan memadati Pantai Manggar.  
“Jumlah pengunjung Pantai Manggar kami prediksi mencapai puncaknya saat libur  Lebaran mendatang. Karena itu, selama beberapa hari libur tadi, kita akan melakukan pengamanan lokasi pantai dengan melibatkan 67 orang tenaga pengaman lintas sektoral,” ujar Eddy saat dihubungi koran ini di kantornya, kemarin.
Menurutnya, selama libur lebaran, pihaknya akan bertugas pengamanan selama enam hari, sejak libur hari pertama Senin (30/8) hingga Minggu (4/9) mendatang. Dalam laporannya, jumlah pengunjung wisata pantai Manggar hingga bulan Juli lalu sebanyak 38.750 orang. “Jumlah pengunjung di liburan Idul fitri setiap tahunnya meningkat. Kemarin, target kami sekira 50 ribu orang perhari selama 4 hari,” paparnya.
Banyaknya jumlah pengunjung ke Pantai Manggar ini, juga meningkatkan jumlah pendapatan yang diterima Pemkot Balikpapan. Mulai Januari hingga Agustus 2011 minggu pertama, jumlah pemasukan dari objek wisata ini sebesar Rp458 juta. “Jumlah ini termasuk retribusi orang dan biaya parkir mobil dan motor, yang memasuki Pantai Manggar,” tambahnya.
Diharapkan dengan ini, dapat meningkatkan jumlah pemasukan terutama pada liburan Lebaran mendatang. “Karena potensi pantai wisata Segara Sari Manggar menjadi pusat kegiatan liburan pantai di Balikpapan, dan juga dari luar daerah,” paparnya.(han)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More