Rabu, 20 April 2011

Renovasi Balikpapan Center

Berawal dari Tiga Jaya Department Store yang sangat ramai di kunjungi masyarakat balikpapan, karena koleksi-koleksi yang memang terbaik di banding toko-toko yang ada, kemudian di muara rapak munculah toko Matahari yang entah memang kebetulan memang namanya sama atau mencatut nama Matahari Department Store, tapi dengan adanya Toko Matahari tersebut cukup menyedot perhatian masyarakat, pokoknya kalau lebaran bukan main berjubelnya masyarakat yang pingin beli pakaian baru. Juga berdirinya Toko Delta yang tepat di seberang Toko Matahari cukup membuat perhatian masyarakat Balikpapan terpencar ke 3 Toko tersebut.

        Nah pada tahun 1992, sejarah pertokoan-Mall di Balikpapan di mulai dengan berdirinya Plaza Balikpapan yang pada awalnya bernama Balikpapan Center. Di awal buka, padahal mall tersebut progress nya masih berkisar 80%, alias masih tehambur dan belum di cat…….salah satu tenant yaitu HERO Supermarket sudah buka….jangan di tanya betapa antusiasnya warga Balikpapan……kalau kita jalan di dalam supermarket tersebut kita harus berjalan pelan alias merayap……betapa suka citanya warga Balikpapan, Hero Supermarket yang biasanya hanya bisa di temui di Pulau Jawa akhirnya sudah ada di depan mata. (Tapi kalau tidak salah saat itu di Banjarmasin sudah ada duluan.)



Setelah Hero Supermarket buka, maka menyusul kemudian Gramedia BookStore yang berada di atasnya Hero Supermarket. Itupun Gramedia juga membuka outletnya sebelum finishing Mall Balikpapan Center selesai. Jadi saat menaiki tangga eskalator ke atas, sesampainya di atas kitapun menemui lantai mall tersebut masih banyak menemui kayu-kayu bangunan mall masih berhamburan…di tambah bumbu bau kencing….ihh…pasti bau kencingnya tukang bangunan……

            Kemudian sejarah pun berlanjut dengan buka-nya Matahari Department Store….sebuah Department Store yang besar dan ternama di Indonesia buka Di Balikpapan…bagaimana dengan Tiga Jaya Dept. Store, Toko Matahari dan Delta Jaya? Tiga Jaya bergerak cepat dengan membeli lahan di sebelah hotel Gajah Mada dan membangun/merenovasi toko sebelumnya (sudah lupa toko apa ya?) menjadi 3 tingkat. Mungkin dengan maksud mengambil beberapa persen pengunjung Balikpapan Center agar dapat berkunjung ke toko Tiga Jaya Dept. Store yg hanya berkisar 10 meter dari Balikpapan Center. Di awal-awal beroperasinya tiga jaya di toko barunya tersebut memang masih menarik minat masyarakat balikpapan yang masih hapal sekali dengan Toko Tiga Jaya. Akan tetapi seiring dengan waktu Matahari Department Store yang menyediakan lebih banyak pilihan, maka pengunjung Tiga Jaya Dept. Store pun bertambah sepi, apalagi bila kita masuk ke dalam Toko Tiga Jaya Dept. Store kita selalu di sambut dan selalu di tanya kemana kita berjalan melihat-lihat baju selalu di dekati oleh pramuniaganya jadi pengunjung seakan risih, berbeda dengan Matahari Dept. Store kita bebas melihat-lihat dan berjalan-jalan tanpa selalu merasa diikuti pramuniaga…..sehingga itu menjadi salah satu alasan yang akhirnya Toko Tiga Jaya Dept. Store menjadi tinggal kenangan. Dan tokonya sekarang menjadi Inul Vista Karaoke.

            Kemudian Toko Delta dan toko Matahari di Muara Rapak pun akhirnya pelan-pelan juga ikut-ikutan menjadi sejarah Pertokoan Balikpapan setelah berdirinya Balikpapan Center dan Matahari Dept. Store.

Wajah Baru Balikpapan Center (Balikpapan Plaza).


ini adalah gambar depan Balikpapan center di malam hari pada Tahun 2011


             proyek mereka Yaitu Skybridge hampir rampung dan akhirnya Hari Kamis, tanggal 20 Januari 2011 Tenant pertama sudah buka dan beroperasi 24 jam + Drive Thru yaitu McDonald yang merupakan McDonald Pertama buka di Balikpapan dan cabang ke 110 di Indonesia……kelamaan ya sudah puluhan tahun di Indonesia baru buka di balikpapan…… Bayangin aja deh kalau di Balikpapan yang masyarakatnya berasal dari bermacam-macam daerah…..yang namanya Brand terkenal di Indonesia kalau baru buka di balikpapan bakalan di serbu abissss!!!!!!!, dulu pertama HERO supermarket, Matahari, J-Co, Starbucks, Pizza-Hut, Cahaya, Hypermart, MAKRO, Ramayana……ngga tau awal bulan atau bulan tua istilah duit sudah menipis…pokoknya SERBUUUUU!!!!! Tanpa pandang mundur.

            Dan McD baru permulaan dari tenant pertama yang buka di Skybridge, berikutnya menyusul Hoka-Hoka Bento yang bakalan jadi yang pertama berdiri di Kalimantan. Pasti deh nanti juga bakalan di serbu…kita liat aja nanti. Menyusul Solaria (Solaria di balikpapan bakalan ada 5). Beberapa tenant tenar lainnya lagi bakalan mengisi yaitu J-Co, Starbucks…..

             Proyek lainnya di Plaza Balikpapan yang bakalan menyusul bila Skybridge selesai adalah bakalan adanya Ranch Market, Blitz Megaplex……oh…..Balikpapan ku, …..dulu sebelum Cinema XXI di balcony City buka warga Balikpapan di saat weekend bisa di bilang mati gaya…apalagi yang pacaran…he..he..he…. tapi begitu ada Tsunami persaingan 3 Mall (E-Walk, Balcony City dan Plaza balikpapan)…..dalam kurun waktu 1 tahun sudah ada 2 Bioskop Cinema XXI, Samarinda yang sudah lama ada jaringan Bioskop 21 aja masih 1, Balikpapan langsung ada 2 dan nantinya bakal 3……..padahal jumlah penduduknya aja sekitar 600 ribuan saja….tapi yang perlu diingat adalah Balikpapan merupakan kota tujuan weekend untuk warga Penajam, Tanah Grogot, Samboja, Handil, Tenggarong bahkan dari Ibukota Samarinda selain dari Warga Balikpapan sendiri…….….

Plaza Balikpapan setelah renovasi adanya McDonald 24hour Drive Thru






0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More